Friday 14 August 2015

Punden Bogor Pradah Siman Kepung Kediri

Selamat pagi sobat Blogger..jumpa kembali dengan postingan dari Telusur Budaya dan Sejarah yang tetap blusukan ke situs - situs yang berkaitan dengan budaya dan sejarah masa lalu.
Kali ini saya mengunggah posting tentang situs punden yang berada di Dusun Bogor Pradah Desa Siman Kec Kepung Kab Kediri, nama punden tersebut mempunyai nama yang sama dengan dusunnya yaitu Punden Bogor Pradah atau warga setempat menyebut Punden Mbah Bogor Pradah, apa dan bagaimana kisah dari punden ini..? Mari kita lanjut lebih dalam...

Dari cerita warga setempat yang merupakan cerita turun temurun, mengisahkan bahwa tempat tersebut bukanlah makam namun seperti petilasan tempat peristirahatan sementara ketika Mbah Bogor Pradah melewati dusun tersebut, namun cerita ini belum terbukti kebenarannya karena dari situs di internet disebutkan bahwa Bogor Pradah adalah suatu kerajaan yang diperintah oleh Dewa Simha dan situs pendermaannya berada di Dusun Bogor Pradah Siman Kepung Kediri. Saya pribadi membuat gambaran bahwa yang dinamakan pendermaan seharusnya berupa candi, misalnya seperti Candi Tegowangi yang merupakan pendermaan bagi Bhre Matahun (sumber dari sini), namun untuk situs Bogor Pradah yang saya temui (maaf) hanyalah suatu tempat yang ada pohon besar (saya kurang tahu nama pohon tersebut) dan dibawahnya terdapat 2 (dua) arca (saya juga kurang tahu nama arca tersebut), satu arca utuh dan dalam kondisi yang lumayan bagus, sedangkan satu arca lagi kondisinya kepalanya sudah hilang, menurut adik saya (Sdr. Suwaji) yang menemani saya blusukan, arca tersebut adalah singa dan bisa masuk akal karena kedua kaki arca tersebut menangkup lurus didepan (sikap siaga).






Selain arca, yang terdapat di area ini adalah lumpang batu yang berada di timur arca (di belakang arca) dan beberapa benda mirip lumpang kecil yang ada didepan arca






Masih menurut adik saya, bahwa punden tersebut ramai dikunjungi orang jika tiba hari Kamis Malam Jumat, dan di tempat tersebut sudah dibangun pendopo yang bermanfaat bagi pengunjung punden Bogor Pradah untuk berkumpul.



Namun setelah saya berkeliling dan mengambil foto di punden Bogor Pradah ini, saya menemukan beberapa bongkah bata kuno, saya heran dan jadi berpikir ulang..jika di sekitar punden ini terdapat bongkahan bata kuno, bisa jadi dulunya tempat ini pernah berdiri candi yang mungkin saat ini masih terkubur di dalam tanah..who knows?? Memerlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan bahwa di lokasi tersebut berdiri sebuah candi



                                                             
Demikian sobat yang bisa saya sampaikan di postingan kali ini, semoga bermanfaat untuk menambah wawasan kita semua dan sampai jumpa di telusur situs berikutnya...

No comments:

Post a Comment